Saturday, July 21, 2012

PENGANTAR PERENCANAAN KOMUNITAS

Oleh: Wildani Pingkan Suripurna Hamzens

Selalu ada jalan untuk mencapai kehidupan bersama yang lebih baik. Perencanaan Komunitas merupakan salah satu jalan yang sangat memungkinkan untuk ditempuh bersama-sama oleh warga sebagai jembatan untuk mencapai masa depan yang diharapkan dan yang ingin digapai bersama. Untuk dapat menerapkannya, masyarakat perlu memahami hal-hal mendasar tentang Perencanaan Komunitas.

Pengertian
Perencanaan Komunitas merupakan suatu proses menyusun rencana masa depan warga, yang dilakukan oleh seluruh warga disuatu wilayah tertentu, karenanya Perencanaan Komunitas bersifat sangat spesifik. Perencanaan Komunitas memiliki jangkauan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Perencanaan komunitas disusun bersama-sama oleh warga, dan merupakan kegiatan perencanaan  yang dilakukan warga secara mandiri. Tujuan Perencanaan Komunitas adalah meningkatnya kualitas kehidupan seluruh warga, yang tercermin dari indikator: produktivitas yang meningkat, kesehatan yang baik, lingkungan yang lestari, serta kesejahteraan dan kebahagiaan warga. Perencanaan Komunitas menghasilkan Rencana Komunitas yang memuat gambaran masa depan yang diharapkan, baik dari aspek fisik dan non fisik.

Syarat Pelaksanaan
Syarat utama pelaksanaan Perencanaan Komunitas adalah adanya kemauan seluruh warga untuk bersama-sama memikirkan dan memperjuangkan masa depan melalui tindakan nyata, yaitu memperjuangkan masa depan yang lebih baik, serta mencari solusi permasalahan yang terjadi. Solusi yang dimaksud adalah hadirnya solusi jangka panjang yang berakibat baik bagi seluruh warga di masa depan.

Kesadaran Memulai Perencanaan Komunitas
Untuk mencapai masa depan yang baik, maka kemauan warga untuk merencanakan masa depan perlu disadari oleh warga. Warga sangat perlu menyadari bahwa masa depan adalah kondisi yang harus direncanakan dan diperjuangkan melalui tindakan, sehingga kelak masa depan dapat dikendalikan dengan baik dan dapat dinikmati oleh warga secara berkelanjutan.

Metode Pelaksanaan
Pelaksanaan Perencanaan Komunitas dilakukan dalam bentuk diskusi warga yang intensif, curah pendapat, yang akan mengerucut pada: teridentifikasinya seluruh masalah, kegiatan dan fasilitas yang diperlukan, serta harapan akan wujud masa depan warga untuk produktivitas yang makin meningkat, kesehatan yang baik, lingkungan yang lestari, serta kesejahteraan dan kebahagiaan warga. Perencanaan Komunitas adalah perencanaan yang berkelanjutan, sehingga tidak berarti kegiatan perencanaan telah selesai ketika Rencana Komunitas selesai dibuat. Perencanaan Komunitas dilakukan oleh Forum Warga dan dapat diikuti oleh seluruh warga.

Forum Warga dan Penyelenggaraan Perencanaan Komunitas
Forum Warga adalah penyelenggara Perencana Komunitas, yang anggotanya dipilih oleh warga. Perencanaan Komunitas yang diselenggarakan oleh Forum Warga diikuti secara terbuka oleh seluruh warga, sehingga semua dapat memberikan pendapatnya dan menyumbangkan pemikiran dan tenaga dalam penyusunan rencana dan penerapannya.

Hasil Perencanaan dan Aplikasi
Hasil perencanaan disusun dalam bentuk dokumen, dan menjadi Rencana Komunitas. Hasil perencanaan menjadi miliki warga. Selanjutnya warga memperjuangkan untuk merealisasikan Rencana Komunitas ini. Rencana Komunitas dibawa oleh Forum Warga ke Pemerintah setempat, dan dipublikasikan dengan biaya yang semurah-murahnya, disosialisasi melalui media lokal, serta dibahas dalam pertemuan-pertemuan sosial dan berbagai kegiatan warga dalam rangka merealisasikan Rencana Komunitas. Rencana Komunitas diimplementasikan oleh warga, baik dengan biaya pemerintah maupun pembiayaan warga.

No comments:

Post a Comment