Saturday, July 21, 2012

FORUM WARGA SEBAGAI PELAKSANA PERENCANAAN KOMUNITAS



FORUM WARGA


Oleh: Wildani Pingkan Suripurna Hamzens

Untuk menakhodai Perencanaan Komunitas dibentuk Forum Warga sebagai wadah 
bagi proses Perencanaan Komunitas

Forum Warga merupakan lembaga yang sepenuhnya dimiliki warga dan yang mewakili warga untuk mewadahi kegiatan Perencanaan Komunitas. Anggota Forum Warga dipilih oleh seluruh warga dan bekerja dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh warga, serta dapat dipilih kembali berdasarkan kesepakatan warga, tentu saja dengan mempertimbangkan kemampuan personal dalam menangani Perencanaan Komunitas. Forum Warga beranggotakan warga yang antusias akan masa depan komunitas, dan mau memperjuangkan masa depan tersebut bersama-sama, dengan jujur dan penuh dedikasi. Anggota Forum Warga merupakan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi, dan daya juang yang tinggi. Biaya operasional Forum Warga dibicarakan oleh warga dan dibiayai oleh warga secara sukarela dengan biaya yang wajar.

Dinamika Kegiatan Forum Warga
Forum Warga akan berlangsung sangat dinamis. Disuatu komunitas yang benar-benar ingin membangun masa depan yang terencana baik, akan terlihat Forum Warga merupakan wadah yang dikelola dengan antusias oleh segenap warganya untuk mampu produktif merencana dan mengelola masa depan. Ikatan sosial yang baik antar warga akan terlihat dari keberhasilan Forum Warga menjadi wadah yang potensial merencanakan dan mencapai cita-cita bersama.

Pemilihan Anggota Forum Warga
Anggota Forum Warga dipilih oleh warga, merupakan kumpulan orang-orang  pilihan yang memiliki motivasi tinggi, jujur, berdedikasi dan kemauan untuk bekerja bersungguh-sungguh memperjuangkan masa depan bersama. Setiap warga usia produktif berhak dengan sukarela mencalonkan dirinya atau mencalonkan orang yang dianggap layak menjadi anggota Forum Warga.

Pengelolaan Forum Warga
Kepemimpinan Forum Warga bersifat kolektif dan dikelola oleh seluruh anggota Forum Warga. Forum Warga memiliki seorang Ketua Forum Warga dan setiap anggota Forum Warga dapat secara bergantian memimpin kegiatan Perencanaan Komunitas. Forum Warga memiliki sekretariat yang akan mengelola, mengarsipkan, dan mendokumentasikan seluruh kegiatan Perencanaan Komunitas. Forum Warga menghimpun berbagai harapan warga, dan mengkemasnya dalam proses Perencanaan Komunitas. Tahap-tahap yang dilalui dalam Perencanaan Komunitas hingga menjadi suatu Rencana Komunitas yang terdokumnentasi dengan baik berawal dari berbagai gagasan murni usulan warga. Gagasan-gagasan tersebut dibahas, diolah, hingga disepakati menjadi Rencana Komunitas. Prosesnya adalah diskusi-diskusi intensif yang membahas tuntas gagasan demi gagasan dan masalah-masalah warga dengan berbagai alternatif pemecahannya, hingga kemudian disepakati menjadi suatu Rencana Komunitas yang komprehensif dan siap untuk diimplementasikan.

No comments:

Post a Comment