Saturday, November 16, 2013

PEMBANGUNAN = UPAYA MEMBERIKAN LAYANAN PUBLIK BERKUALITAS
Oleh: Wildani Pingkan Suripurna Hamzens

Seluruh aktivitas pembangunan semestinya merupakan wujud nyata upaya-upaya memberikan layanan publik yang berkualitas. Mengapa harus berkualitas?..Karena penyelenggaraan pembangunan harus sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Siapa pengguna proses dan hasil pembangunan?...Berbagai lapisan masyarakat sesuai dengan konteks kebutuhan masing-masing. 

Ketika membangun apapun maka yang selalu harus diingat adalah pembangunan merupakan upaya memberikan layanan publik. Karena itu pertimbangan nilai kemanfaatan pembangunan bagi pengguna merupakan suatu hal penting dan menjadi pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, monotoring dan evaluasi. Pembangunan ada penggunanya, penggunanya adalah masyarakat. Karena itulah seluruh aktivitas pembangunan dapat juga disebut sebagai upaya memberikan pelayanan publik yang baik bagi masyarakat.

Adakah pembangunan yang bukan merupakan layanan publik?. Tentu saja tidak ada. Semua bentuk kegiatan pembangunan tujuannya adalah penyelenggaraan layanan publik, misalnya: pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan, pembangunan ekomomi, pembangunan prasarana dan sarana, pembangunan infra struktur, dan lain sebagainya, seluruhnya dilakukan dalam rangka memberikan layanan publik.

Mental dan perilaku yang baik dari seluruh aktor pembangunan merupakan syarat dan faktor kunci untuk menghadirkan pembangunan dalam berbagai bentuk layanan publik yang berkualitas.



No comments:

Post a Comment