Saturday, November 9, 2019

MELAYANI SESAMA

Foto,24 Agustus 2019
PASAR
Oleh: Pingkan Hamzens

Menapak kaki ke pasar dan melihat aktivitas yang terjadi. Sungguh semua di sini memperlihatkan sisi nyata kehidupan. Nadi kehidupan ada di sini. Kesibukan yang terjadi sangat alamiah. Waktu terasa  cepat berlalu namun berirama harmoni. Pembeli datang dan pergi dengan cepat, dan para pedagang tetap di sini hingga hari memasuki senja.   


Pasar ini lumayan bersih, memasukinya dari sisi samping, dan berjalan menyusurinya. Keseharian kehidupan ada di sini. Banyak yang dapat dipelajari ketika berada di pasar. 

Ada kebutuhan, ada harapan. Orang datang ke pasar mencari yang dibutuhkan, para pedagang menjual barang-barang yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan, dan ini berarti mendatangkan penghasilan yang dapat digunakan untuk menukarkan dengan kebutuhan pedagang dan keluarganya. 

Di pasar...barang-barang di tata sesuai kemampuan pedagang menata barang-barang dagangannya. Wajah optimis terpancar, bahwa kehidupann akan berjalan dengan baik dari hari-kehari.

Pasar adalah wadah yang mempertemukan para penjual dan pembeli. Di pasar keduanya memiliki harapan. keduanya memasuki pasar dengan harapan kebaikan.

Pasar...

Di sinilah berkumpul orang-orang yang melayani kehidupan.

Palu, 9 November 2019

No comments:

Post a Comment