Tuesday, September 3, 2019

TENTANG KOTA




MEWUJUDKAN KOTA YANG 
AMAN NYAMAN DAN LAYAK HUNI


Oleh: Pingkan Hamzens

Kota merupakan wadah bagi berbagai aktivitas manusia. 
Kualitas keteraturan suatu kota, kualitas kebersihan dan keindahan kota, mencerminkan kemampuan pengelolaan kota.


Ketika kita menelusuri jalan suatu kota hingga ke sudut-sudut kota, kita seperti melihat apa saja yang telah dilakukan oleh seluruh penghuni kota itu dari hari ini ke belakang. 

Makna dari perjalanan menelusuri suatu kota bukanlah sekedar melihat yang terlihat hari ini. Menelusuri suatu kota seperti menelusuri jejak sejarah masa lalu. Di mana yang terlihat hari ini adalah  visualisasi dari yang telah dilakukan di masa lalu. 

Apakah kota tersebut aman, nyaman, dan menyenangkan serta layak untuk dihuni?

Hal ini akan terlihat dari penataan kota, fasilitas yang ada, dan juga terlihat dari perilaku warga kota. 

Kondisi suatu kota di hari ini tentu tak dapat diciptakan dalam waktu sehari. Menciptakan kota yang nyaman, dan layak huni membutuhkan proses, semangat, dan konsistensi dari seluruh penghuni kota,  yaitu pemerintah kota yang bertugas sebagai pengelola kota dan seluruh warga kota.

Di kota yang tertata rapi dan teratur, suasana pagi hari, siang hari, maupun malam hari, akan terasa menyenangkan.

Ketertiban masyarakat ketika beraktivitas akan menjadi cermin bahwa suatu kota telah dikelola dengan baik oleh pengelola kota, dan menjadi bukti bahwa kota juga telah dirawat dengan baik oleh segenap warga kotanya.

Bagaimana  suatu kota yang rapi dapat tercipta?

Penataan dan pengelolaan kota dari waktu ke waktu dengan konsisten merupakan kunci dari keteraturan dan keindahan kota. Penataan dan pengelolaan kota meliputi banyak hal, antara lain: perumahan dan permukiman, sarana dan fasilitas, seperti air bersih dan air minum, sampah, jalan, drainase, sanitasi, seluruh bangunan, ruang terbuka hijau, parkir publik, transportasi, pemadam kebakaran, dan tentunya tata kelola kota yang dijalankan dengan konsisten yang mengatur pola perilaku warga kota. Semua ini menjadi prioritas kerja bagi pengelola kota dan wakil rakyat dalam tugas keseharian. 

Apakah tugas keseharian ini telah dijalankan dengan baik?

Mari lihatlah apakah sistem layanan kota telah terselenggara dengan baik. Lihatlah apakah perumahan dan permukiman tertata rapi dan cukup fasilitasnya? Apakah masyarakat mudah memperoleh air bersih? Lihatlah apakah kota bersih dan apakah sampah  telah dikelola dan diolah dengan baik? Lihatlah apakah jalan dalam kondisi layak digunakan? Lihatlah apakah drainase kota selalu bersih? Lihatlah apakah sanitasi masyarakat layak? Lihatlah apakah bangunan teratur dan telah sesuai dengan tata ruang kota? Lihatlah apakah ruang terbuka hijau tersebar merata? Lihatlah apakah parkir publik tertata rapi dan semua parkir pada tempatnya? Lihatlah apakah transportasi kota mudah diperolah masyarakat? Lihatlah apakah pemadam kebakaran selalu siaga?, dan tentu saja lihatlah apakah layanan administrasi warga mudah dan cepat? Apakah masyarakat tahu harus bagaimana ketika kotanya dalam kondisi darurat bencana?

Bekerja mewujudkan kota yang nyaman, dan layak huni.

Ini adalah tugas pengelola kota.

Namun Wakil Rakyat dan Masyarakat Kota juga memiliki peran penting mewujudkan hal ini.

Bagaimana caranya?

Wakil Rakyat harus mengetahui hal-hal yang harus berlangsung dalam suatu sistem layanan kota. Wakil rakyat harus dapat memastikan suatu sistem layanan kota dapat berlangsung dengan baik. Untuk ini Wakil Rakyat harus menelusuri seluruh penjuru kota dan kemudian berkoordinasi dengan pengelola kota kapan saja dibutuhkan untuk menjamin sistem layanan kota berlangsung dengan baik. Wakil Rakyat yang kritis dan paham sistem layanan kota yang seharusnya berlangsung adalah bagian dari keberhasilan penataan kota.

Masyarakat juga memiliki tugas sosial sebagai warga kota.

Kita semua harus saling membantu menciptakan suasana kota yang nyaman.

Bagaimana caranya?

Ciptakan lingkungan-lingkungan kecil yang nyaman di rumah, di kantor, di sekitar kita di mana saja tempat kita beraktivitas. Lakukan dengan konsisten.

Di kota di manapun kita berada.
Samakan langkah mewujudkan kota yang aman, nyaman, kota yang masyarakatnya merasa aman berada di sana. Kota yang produktif, dan kota yang layak untuk dihuni bersama.


Salam hangat.






2 comments:

  1. Sangat mnginspirasi bu..Semoga Kota Palu bisa mewujudkannya 😎😎😎

    ReplyDelete
  2. Sangat mnginspirasi bu..Semoga Kota Palu bisa mewujudkannya 😎😎😎

    ReplyDelete