Sunday, September 8, 2019

WAJAH KOTA


MENCIPTAKAN 'WAJAH KOTA'


Oleh: Pingkan Hamzens

Setelah mengalami masa lalu dan sampai pada hari ini, maka kita perlu berbenah untuk menghasilkan masa depan kehidupan di kota yang lebih berkualitas.

Suatu saat kita mengalami berada di satu kota yang bersih dan tertata, serta  dikunjungi oleh banyak orang. Kemudian kita berpindah berada di kota lain dengan kondisi yang sebaliknya. Kota di mana siapa saja bebas meletakkan apa saja di mana saja, tanpa ada aturan apapun yang diterapkan.

Ini kemudian menjadi jelas.

Ada pemerintah kota dan warga suatu kota yang dapat menciptakan kota yang indah dengan kehidupan teratur, serta dapat menjalankan kehidupan di kotanya dengan tertib dan ada pula yang sebaliknya.

Kedewasaan sebagai manusia yang berkembang dengan sempurna, dan belajar banyak hal kemudian diterapkan, akan berdampak pada lingkungannya. Kedewasaan seseorang akan berdampak pada dirinya dan lingkungannya. Ia akan menjelma sebagai warga dari suatu kota yang memiliki nilai dan arti kehidupan.

Kota-kota yang menjadi teratur ini diciptakan dengan kesadaran penuh dari pemerintah kota dan warganya. Kesadaran untuk menciptakan layanan yang berkualitas bagi warganya, dan kesadaran untuk membuat rasa aman dan nyaman bagi warganya.

Sebagai warga kota yang berkembang dengan kedewasaan yang sempurna, kita dapat membuktikan bahwa kita semua dapat mendukung pemerintah kota sebagai pengelola kota untuk menciptakan kota yang aman dan indah. Hal ini tentunya dapat tercapai dengan menampilkan perilaku kita sebagai warga kota yang berkualitas, yaitu warga kota yang senantiasa belajar, memahami  dan menerapkan hal-hal yang seharusnya dilakukan sebagai warga dari suatu kota.

Sebagai warga kota, mari kita menata lingkungan kecil kita masing-masing. Mari kita bersama membuat lingkungan kecil kita bersih dan tertata rapi. Lingkungan yang tertata rapi akan sangat membantu mengindahkan "wajah kota" kita. Mari bersama bahu membahu menciptakan "wajah kota" yang membuat kita semua aman, nyaman, dan bahagia.

Kota-kota yang indah dan teratur serta rapi, akan mengundang berbagai orang dari mana saja datang karena ingin ikut menikmati layanan, keindahan, dan keteraturan kota tersebut. Ini artinya dengan hadirnya keindahan dan keteraturan di suatu kota maka kota akan produktif dari waktu ke waktu.

Kemampuan pemerintah kota berinovasi dalam menciptakan keindahan dan keteraturan kota sangat menentukan 'wajah kota'. Selain itu perlu ditunjang kemampuan membuat dan menjalankan regulasi tata kelola kota yang berkualitas. Pemerintah kota memiliki tugas cukup berat, yaitu memberikan rasa aman, nyaman, disertai kemampuan menghadirkan layanan publik sebaik-baiknya. Hal ini hanya dapat dicapai jika dilakukan dengan fokus dan konsisten dan nyata bahwa setiap hari yang dilakukan adalah upaya meningkatkan tata kelola kehidupan kota.

Jika pemerintah kota dan warga kota fokus dan konsisten meningkatkan tata kelola kehidupan kota, maka suatu saat tercipta  'wajah kota' yang cantik dan kehidupan kota yang teratur akan menjadi bagian dari keseharian warga kota. 

Fokus dan konsisten dalam mencipta kecantikan dan keteraturan suatu kota adalah proses, maka berproses dengan alami untuk meningkatkan kualitas kehidupan kota adalah pilihan terbaik.

Salam hangat.










No comments:

Post a Comment