Tuesday, December 15, 2020

MEMAKNAI PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945

 

      Sidang Pembahasan Pengesahan UUD 1945

         Sumber Foto: https://titiknol.co.id/peristiwa/18-agustus-1945-uud-negara-republik-indonesia-disahkan-dalam-sidang-ppki/



TUJUAN BANGSA 

DALAM PEMBUKAAN 

UNDANG-UNDANG DASAR 1945


TUJUAN BELAJAR 
Mengetahui:
1. Pemahaman  Mahasiswa terhadap Makna Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 terkait tujuan bangsa.
2. Sikap Mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai generasi muda yang akan mengisi kemerdekaan dan membangun bangsa mencapai tujuan bangsa.

PENGANTAR

Kali ini kita membahas Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Hal ini sangat mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita. Di Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 tercantum tujuan bangsa Indonesia. Nah, kini kita telah merdeka dari penjajahan bangsa lain, maka keseharian kita seharusnya senantiasa harus fokus untuk menjalankan tugas-tugas sebagai anak bangsa yang semuanya harus memiliki peran mewujudkan tujuan bangsa. Maka secara serentak semua harus mempersiapkan diri sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing untuk dapat membangun bangsa ini agar secara nyata mencapai tujuan.

Berikut ini ditampilkan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Bacalah dengan perlahan dalam kondisi diri yang tenang, kemudian sesudahnya jawablah pertanyaan yang ditampilkan di bagian akhir materi ini.

Bacalah dengan hikmat.

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


    Foto: Rapat PPKI Pada 18 Agustus 1945  yang Salah Satu Hasilnya adalah Menetapkan UUD

    1945 Serta  Memilih Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 

    Sumber Foto: Osman Ralliby, Dokumentasi Historica, Penerbit Bulan Bintang, Djakarta,  

      Diambil dari  https://www.akseleran.co.id/blog/sejarah-uud-1945-disahkan/


PERTANYAAN UNTUK DIJAWAB

1. Di mana dan kapan pertama kali Anda mengetahui Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, saat itu Anda usia berapa?

2. Berapa kali hingga hari ini Anda telah membaca Pembukaan Undang-undang Dasar 1945?

3. Setelah membaca dengan hikmat Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, tunjukkan kalimat yang memperlihatkan tujuan bangsa Indonesia (kutip kalimat tersebut)!.

4. Sebagai generasi muda, jelaskan apa yang telah Anda lakukan hingga saat ini untuk mempersiapkan diri berperan mencapai tujuan bangsa Indonesia sesuai Pembukaan Undang-undang Dasar 1945!

5. Apakah Anda siap berperan dalam pembangunan bangsa dan bersama-sama membangun bangsa mencapai tujuan bangsa Indonesia? Jelaskan sejelas-jelasnya.


Selamat mempersiapkan diri membangun bangsamu.



No comments:

Post a Comment