Tuesday, December 8, 2020

PELAJARAN BERHARGA DARI KASUS KORUPSI

 


Sumber Gambar: https://www.chinausfocus.com/society-culture/curbing-chinese-corruption

MENGAPA MELAKUKAN KORUPSI?


BACALAH ILUSTRASI DI BAWAH INI

KEMUDIAN JAWABLAH PERTANYAAN

_______________________________________________________

Seseorang yang telah dipilih sebagai pemimpin tentunya merupakan sosok terdepan dari orang-orang yang dipimpinnya. Seorang pemimpin merepresentasikan orang-orang, lembaga, organisasi, atau apapun yang dipimpinnya. Pemimpin adalah brand dari institusi yang dipimpinnya. Untuk itu, pada situasi apapun juga ia harus mampu menjadi sosok yang dapat selalu hadir bijaksana di antara orang-orang yang dipimpinnya. Tingkah laku keseharian seorang pemimpin harus dapat menjadi teladan bagi segenap orang yang dipimpinnya. 

Bagi seorang pemimpin, menapaki perjalanan ketika memimpin bukanlah hal yang mudah. Pemimpin dituntut memiliki kemampuan untuk selalu fokus pada tujuan dari kepemimpinannya.  Hal ini harus selalu diingatnya dan dijalankan dalam keseharian. Pemimpin juga harus mampu menjadi bagian dari solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Kehidupan manusia sangat dinamis dan seringkali penuh dengan kejutan. Pemimpin sebagai seorang pejabat publik dari suatu negara, mengharuskannya harus selalu mampu mengambil keputusan yang tepat pada setiap pilihan. Namun, seringkali kita dikejutkan oleh pemberitaan terjadinya tindak pidana korupsi yang dilakukan pejabat publik. Dalam kurun waktu singkat, beberapa waktu lalu beberapa pejabat publik setingkat menteri tertangkap KPK dalam suatu OTT.

Suasana seperti apa yang sebenarnya dihadapi oleh seorang pejabat publik, ketika memutuskan untuk melakukan tindak pidana korupsi?

Mari kita diskusikan hal ini.


Pertanyaan Pertama:

"Mengapa melakukan korupsi?"


Pertanyaan Kedua:

"Apa pelajaran berharga dari kasus korupsi yang melibatkan pejabat publik?"


Anda dapat menggunakan 6 Pilar Karakter Anti Korupsi untuk membantu membahas ini. Anda juga dapat menggunakan materi-materi kuliah sebelumnya, juga segenap informasi yang anda miliki dan dapatkan untuk membahas hal ini.

Setelah dibahas di kelas, Anda diwajibkan mengemukakan pendapat masing-masing dengan menjawabnya di Google Classroom.

Sampai jumpa di kelas pada jam kuliah.


Salam:

Pingkan Hamzens


LAMPIRAN REFERENSI:

Silakan telusuri lebih lanjut link di bawah ini, juga kembangkan wawasan dengan mencari berbagai informasi terkait tugas.

https://kbr.id/nasional/01-2019/ini_daftar_pejabat_yang_digaji_tinggi_tapi_korupsi/98717.html






No comments:

Post a Comment