Sunday, November 17, 2013

BELAJAR GIZI

Gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan, karena itu pengetahuan tentang gizi sangat penting bagi semua orang. Gizi yang baik diperoleh dari menu keseharian yang seimbang. Kapan seharusnya orang mulai belajar tentang gizi?.

Pelajaran gizi awal dimulai dari keluarga. Menu yang dihadirkan di rumah bukan sekedar untuk dimakan, tapi memiliki arti pendidikan. Ajaklah anak-anak anda ketika pada hari libur anda akan berbelanja bahan makanan, misalnya pada hari minggu atau pada hari libur sekolah. Tentu saja orang tua harus memiliki pengetahuan gizi yang cukup, sehingga memahami bahan-bahan makanan yang akan dibeli, cara memasak, juga cara menghidangkan yang baik. 

Ketika anda memilih bahan makanan, anda dapat melakukan pendidikan pada anak-anak, misalnya sambil menyebutkan cara memilih bahan makanan yang baik untuk bahan makanan apa saja yang akan anda beli, misalnya anda mengajarkan cara memilih daging ayam, ikan, sayuran, buah-buahan.

Ketika sampai di rumah, anda dapat melanjutkan pelajaran gizi di dapur, dengan melibatkan anak-anak. Ketika anda dan anak-anak mengeluarkan belanjaan, maka anda dapat menyebutkan kandungan gizi dari setiap item bahan makanan yang dibeli. Selanjutnya pendidikan gizi diteruskan ketika anda mencuci bahan makanan, menyimpan di kulkas, juga ketika anda mulai menyiapkan bahan makanan untuk di masak. Misalnya ajarkan anak-anak anda cara mencuci sayuran yang benar, yaitu gunakan air yang mengalir. Ajarkan juga cara memasak sayuran yang baik, yaitu jangan sampai sayurnya layu, kandungan gizinya akan rusak. Di dapur, anak-anak anda akan memperoleh banyak pelajaran tentang kandungan gizi bahan makanan, cara mencuci, menyimpan, dan cara memasak berbagai bahan makanan, termasuk resep dari menu yang akan anda sajikan.

Selanjutnya, sebelum makanan dihidangkan, anak-anak dapat diajarkan cara menata meja makan. Apa yang akan anda ajarkan sebelum makan?...etika cara makan yang baik. Selanjutnya, makanlah bersama-sama...anak-anak telah memiliki pengetahuan awal yang diperoleh dengan praktis dari anda. Lakukanlah secara rutin dan belilah bahan makanan yang bervariasi, sehingga anak-anak anda akan mendapatkan banyak hal tentang gizi dari keluarga. Tentu saja kegiatan pendidikan seputar gizi belum selesai, lanjutkan dengan mencuci piring dan perlengkapan makanan keluarga dan meletakkan kembali pada tempatnya, disertai merapikan dapur.


No comments:

Post a Comment