Friday, November 22, 2013


CERITA PEMBANGUNAN 1
 Kenalkan.....," Ini Desa Saya...."

Ilustrasi oleh: Pingkan Hamzens


Di suatu taman di desa yang subur dan indah pada suatu pagi hari, Seruni seorang mahasiswi pertanian tingkat akhir sedang berada di kebun sayuran salah seorang petani. Kebun sayuran ini terletak di salah satu taman desa yang luas yang merupakan taman terbesar di desa ini. Seruni sedang melakukan wawancara dengan respondennya, petani yang telah menekuni usahanya selama 10 tahun lebih. Seruni sudah 1 minggu berada di desa ini bersama 3 orang temannya. Mereka sedang melakukan penelitian tentang pengembangan agribisnis tanaman hortikultura yang berkembang dengan sangat baik di desa itu. Tiga teman lainnya menyebar di bagian taman lainnya, ada yang meneliti kegiatan petani pengusaha buah, petani pengusaha tanaman obat, dan petani pengusaha tanaman hias.

Desa yang subur ini seluruhnya seperti sebuah taman desa yang besar, sangat indah dan tertata rapi. Rencana Tata Ruang Desa berhasil diterapkan, sehingga Konsep Desa Taman yang diusulkan sendiri oleh warga telah terwujud. Ruang wilayah desa terbagi dengan rapi atas beberapa taman desa, ada satu taman utama yang besar di mana Seruni dan teman-temannya meneliti, empat taman berukuran sedang, dan sisanya secara keseluruhan merupakan taman-taman kecil, seperti pekarangan warga, dan halaman depan dan belakang bangunan. Semua taman indah, dan terawat. Taman desa ini dikelola bersama oleh masyarakat desa, merupakan taman yang produktif. Seluruh produk pertanian berasal dari taman-taman desa. Taman-taman desa telah mulai hadir sejak 15 tahun yang lalu, penyuluhan telah berhasil memotivasi masyarakat desa untuk membangun diri dan lingkungannya, dan seperti inilah hasilnya: sebuah Desa Taman yang indah.

Di desa ini, fasilitas perekonomian seperti bank, koperasi, pasar, toko, gudang, lengkap tersedia. Resort yang indah juga hadir di taman utama desa, dan di taman-taman yang berukuran sedang juga tersedia quest house. Tanaman hias, bunga-bunga tropis bermekaran di taman, tanaman obat, sayuran dan pohon-pohon buah tertata rapi.

Desa Taman menjadi sangat terkenal, selain masyarakatnya sukses dalam menjalankan agribisnis, desa ini telah menjadi daerah tujuan wisata. Jalan-jalan desa tertata rapi, masyarakat terbiasa berjalan kaki di trotoar yang rapi. Di desa, seluruh masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari, jalur sepeda tersedia di seluruh jalan desa. Transportasi publik yang juga ramah lingkungan tersedia, bus mengelilingi jalan-jalan utama desa dan hanya berhenti di halte-halte yang tersedia. Pemanfaatan energi terbarukan sangat optimal, seluruh listrik desa menggunakan sumber energi dari surya dan sumber energi tenaga air. Kualitas air minum sangat baik, terdapat pengolahan air minum desa sehingga air yang keluar dari kran dapat langsung diminum. Sampah dikelola dengan baik, sehingga seluruh wilayah desa bersih. Udara yang segar memperlihatkan desa ini bebas dari polusi, kicauan burung terdengar merdu.

Alam yang indah, masyarakat yang produktif, dan kehidupan sosial yang baik. Rumah-rumah ibadah tersedia dan juga terawat dengan baik. Desa memiliki sanggar budaya yang dikelola oleh pemuda-pemudi desa yang kreatif, dan Kantor Kepala Desa selalu terbuka melayani kebutuhan masyarakat. Inilah desa di negeriku...

Jawablah pertanyaan berikut:
1. Berdasarkan deskripsi kondisi desa yang telah anda baca di atas, jelaskan seperti apa 
    pembangunan di desa ini berlangsung?. Uraikan penjelasan anda berdasarkan 
    Prinsip Pembangunan Berkelanjutan yang telah anda pelajari sebelumnya!.
2. Menurut anda, apa kendala yang dihadapi saat ini dalam mewujudkan kondisi desa 
     seperti yang dideskripsikan di atas?.
3. Berdasarkan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan, apa yang akan anda lakukan jika 
     anda adalah Kepala Desa saat ini?.
4. Selamat belajar dan selamat menjawab....semoga sukses.



No comments:

Post a Comment